Kamis, 01 Desember 2011

Merekam Suara dan Memberi Efek Suara dengan Adobe Audition

A. Langkah - Langkah
1. Merekam suara
Latihan berikut akan menunjukkan langkah-langkah untuk merekam suara menggunakan Edit Waveform View. Langkah pertama adalah mengatur peralatan untuk merekam. Pastikan kabel Mic telah terpasang pada soundcard dengan benar telah diaktifkan. Kemudian membuat file baru dengan menu File > New.
New Waveform Dialog
Atur settingnya sesuai dengan sumber suaranya dan akhiri dengan menekan tombol OK. Berikutnya Anda dapat memulai merekan dengan menekan tombol Record di bagian bawah layar. Dan hentikan dengan menekan tombol Record sekali lagi.
Tekan tombol Record
Setelah itu Anda dapat menyimpan hasilnya: File > Save As.

Save Waveform Dialog
Kemudian pilih tipenya ACM Waveform dan aturlah settingnya dengan menekan tombol Options.
ACM Format Dialog
2. Mengurangi Noise
Kadang pada saat merekam suara ternyata muncul suara yang tidak diharapkan, misalnya suara kipas angin atau AC. Anda dapat melihat bagian awal klip terdapat noise yang akan menimbulkan suara berisik ketika dimainkan.
Noise pada waveform
Untuk itu Anda dapat menguranginya dengan cara menyeleksi bagian yang hanya terdapat noise yang akan dihilangkan dan tidak terdapat suara lainnya.
Seleksi bagian yang terdapat noise

Kemudian gunakan menu Effects > Noise Reduction > Noise Reduction.
Noise Reduction Dialog
Klik Get Noise Profile From Selection untuk mengambil informasi dari sample yang Anda seleksi. Akhiri dengan Close Kemudian pilihlah seluruh klip dengan menu Edit > Select entire wave atau sebagian waveform saja.
Seleksi semua waveform
Kemudian gunakan menu Effects > Noise Reduction > Noise Reduction.
Noise Reduction Dialog
Dan akhiri dengan menekan tombol OK untuk memulai mengurangi noise.

Waveform setelah proses Noise Reduction
3. Menambah/ mengurangi volume
Anda dapat menambah/ mengurangi volume waveform dengan menu Effects > Amplitude > Amplify. Kemudian Anda dapat menggeser slider pada Amplification ke kanan (+) untuk menambah volume dan ke kiri (-) untuk mengurangi volume. Atau Anda dapat mencoba pilihan yang terdapat dalam Presets, misalnya 6dB Boost. Dan dengarkan hasilnya dengan menekan tombol Preview.
Amplify Dialog
Anda telah berhasil menambah volume suara, berikutnya Anda dapat mencoba efek yang lain pada menu yang sama. Untuk itu Anda dapat membatalkan perintah terakhir dengan Undo.
4. Menambah efek suara
Menambah efek suara dengan Effects Salah satu keunggulan Adobe Audition adalah dalam pengolahan dan penambahan berbagai efek suara. Sebagai latihan Anda dapat menambahkan efek suara Robot misalnya. Untuk itu Anda dapat menyeleksi dahulu sebagian atau seluruh waveform, kemudian gunakan menu Effects > Delay Effects > Echo.

Echo Dialog
Kemudian Anda dapat memilih Robotic pada Presets. Lalu tekan tombol Preview untuk mendengarkan hasilnya. Akhiri dengan menekan tombol OK. Anda telah berhasil menambah efek suara robot, berikutnya Anda dapat mencoba efek yang lain pada menu yang sama. Untuk itu Anda dapat membatalkan perintah terakhir dengan Undo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar