Kamis, 01 Desember 2011

Membuat Komposisi Suara dengan Adobe Audition

A. Langkah-Langkah
1. Membuat Komposisi dengan Adobe Audition
Salah satu kelebihan Adobe Audition adalah kemudahan untuk menggabungkan beberapa track suara yang bersifat non-destructive pada Multitrack View. Informasi waveform yang digunakan dalam Multitrack View dan informasi lainnya disimpan dalam sebuah Session.
2. Mengenal tampilan Multitrack View
Tampilan tipikal Multitrack View
3. Membuat Session
Latihan dimulai dengan membuat session baru. File > New Session
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 14
MODUL #3 Membuat Komposisi Suara dengan Adobe Audition
New Multitrack Session Dialog
4. Menambah waveform dalam session
Untuk menambah waveform dalam session maka Anda harus mengaktifkan Organizer Window terlebih dahulu. Dan di Organizer Window inilah semua terdaftar waveform yang digunakan dalam Multitrack View. Untuk mengaktifkan Organizer Window gunakan menu View > Show Organizer Window.
Organizer Window Dialog
Kemudian Anda dapat menambah waveform dengan menekan tombol Open. Pada Open a Waveform Dialog Anda dapat memilih beberapa waveform sekaligus.

Open a Waveform Dialog
5. Drag waveform ke track kosong
Setelah waveform terlihat di Organizer Window, Anda dapat memindahkannya dengan drag ke salah satu track yang kosong.
6. Menggeser waveform
Anda dapat menggeser waveform dalam satu track maupun berpindah track dapat Anda lakukan dengan Drag tombol kanan.
7. Memotong waveform
Anda dapat memotong waveform menjadi beberapa bagian. Untuk itu arahkan pointer pada bagian tengah salah satu waveform.
Arahkan pointer
Kemudian gunakan menu Edit > Spit.
Geser waveform setelah dipotong
Maka waveform akan terbagi menjadi dua bagian terpisah. Anda dapat menggeser salah satu bagiannya ke tempat lain.

Geser waveform setelah dipotong
8. Menyatukan waveform yang terpisah
Anda dapat mengembalikan waveform yang telah Anda pisahkan pada latihan sebelumnya dengan cara meletakkan waveform sampai kedua waveform bersinggungan. Kemudian gunakan menu Edit > Merge/ Rejoin Split. Maka waveform akan kembali menjadi satu.
9. Mengatur Volume Envelopes
Anda dapat pula mengatur volume masingmasing track secara simultan. Untuk itu Anda dapat mengaktifkan Volume Envelope dengan menu View > Show Volume Envelopes. Maka kalau Anda perhatikan akan muncul garis berwarna hijau dibagian atas waveform. Dan supaya Anda dapat melakukan editing, maka Anda harus mengaktifkannya dengan menu View > Enable Envelopes Editing.
Selanjutnya Anda dapat menggeser garis hijau tadi. Anda dapat mengatur volume dengan menambah beberapa titik pada Envelopes. Setelah itu tekan tombol Play untuk mendengarkan hasilnya.
Drag Envelope ke bawah
Untuk menghilangkan titik envelopes maka Anda menggesernya ke luar atas/ bawah waveform.
10. Mengatur Pan Envelopes
Demikian pula untuk Pan Envelope. Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan menu View > Show Pan Envelopes. Maka akan muncul garis berwarna biru di tengah waveform. Dan Anda dapat menggeser pan envelopenya dengan cara sama pada waktu menggeser Volume Envelope.

11. Memasukkan file video
Salah satu kegunaan Adobe Audition adalah untuk membuat ilustrasi suara pada sebuah file video. Anda dapat memasukkan file video dengan menu Insert > Video from file.
Pilih file video
Kemudian akan muncul video window yang dapat Anda atur kedudukannya. Selanjutnya Anda dapat mengatur track suara sesuai dengan video.
Video window
12. Menyatukan semua track
Terakhir setelah Anda selesai mengatur komposisi dalam Multitrack View maka anda dapat menyatukan semua track waveform menjadi satu track waveform saja. Untuk itu Anda dapat menggunakan menu Edit > Mix Down to File > All Waves.
Maka Anda akan berpindah ke Edit Waveform View, dan terdapat satu waveform yang merupakan hasil penggabungan dari Multitrack View. Selain itu

Anda dapat menggunakan cara lain menu File > Save Mixdown As atau File > Save Mixdown to Video As. Pilihan yang kedua ini akan menghasilkan file video. OK, Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar