Kamis, 01 Desember 2011

Membuat 3D Layer dengan Adobe AfterEffect

A. Langkah-langkah
1. Menyiapkan bahan dan project
Buat Project baru (File > New > New Project) dengan Composition Setting Medium 320X240 (Composition > New Composition).
Kemudian Import beberapa file (file > import > file) antara lain Amikom.ai, lingkaran.ai, dasi.jpg, dan twisted reality.mp3.
2. Integrasi ke timeline
Drag masing masing item yang sudah dimport ke timeline dengan posisi amikom.ai berada di atas lingkaran.ai, kemudian atur ukuran gambar agar tidak terlalu besar.
Pada timeline bagian switches/mode, terdapat ikon 3D layer yang berfungsi untuk memanipulasi layer menjadi 3 dimensi. Klik pada ikon tersebut untuk setiap item bahan yang ada di timeline.
Switches/ mode
Buatlah sebuah Camera dengan cara pilih layer new camera, akan muncul jendela Camera setting, ok.
Camera Settings

3. Menentukan View dan Posisi awal
Pada menu window pilih workspace > Two comp views, maka layar composition akan menjadi 2. Layar yang satu akan digunakan untuk melihat hasil akhir, sedangkan layar yang ke 2 untuk pengeditan.
Aktifkan layar Composition pertama, kemudian pilih menu view > switch 3d Views > Active Camera. Sedangkan untuk layar composition yang kedua lakukan hal yang sama hanya saja untuk tampilan 3d Views pilih tampilan dari atas (top).
Perhatikan pada layar composition 2, kenali masing masing item dengan cara klik dan drag sambil dilihat perubahan yang terjadi pada layar composition 1.
Putar posisi amikom.ai dan dasi.jpg dengan sumbu Y manjadi tegak lurus terhadap item lingkaran.ai. Gunakan Rotation tool untuk memutarnya atau melalui Transform > Y Rotation.

Posisikan amikom.ai berada diatas item lingkaran.ai sedangkan dasi.jpg berada di bawah. Kemudian atur posisi kamera untuk fokus ke arah lingkaran.ai, lakukan ini di layar composition 2(top).
4. Animasi 3d Layer
Animasikan masing masing item dengan cara klik tanda stop watch position pada timeline. Tarik posisi amikom.ai dari atas ke bawah tembus melewati lingkaran.ai animasi dari detik 0 sampai detik 6, sambil dilihat hasilnya pada layar 1. Tarik sedikit posisi dasi.jpg dari bawah ke atas hingga posisinya sejajar dengan posisi akhir amikom.ai, waktu animasi dari detik 5 sampai 6.
Sekarang aktifkan kamera, kemudian buka transform di timeline, disana terdapat Point of Interest yang merupakan properti animasi untuk mengubah target dari camera, dan position untuk mengubah posisi camera itu sendiri. Dari

detik 0 sampai 2 ubah animasikan posisi camera agak keatas arah kanan, kemudian detik 2 sampai 6 ubah posisi point of interestnya mengikuti arah jalanya tulisan amikom.
Point of
Lakukan penyesuaian terhadap posisi maupun ukuran yang kurang pas kemudian kemudian test play menggunakan RAM preview.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar