Kamis, 01 Desember 2011

Membuat Transparancy dengan Adobe AfterEffects

A. Langkah-Langkah
1. Transparacy menggunakan Matte
Matte adalah area transparan yang didefinisikan oleh sebuah layer pada layer itu sendiri atau layer lainnya. Sebagai latihan siapkan dua file yaitu Aquarium.PSD yang berupa image hitam putih dan layer Dolphins.AVI yang berupa file video.
Aquarium.PSD Dolphins.AVI
Kemudian masukkan kedua footage tadi ke Composition baru.
Lalu ubah track matte pada Timeline. Klik pada tombol track matte pada layer Dolphins.AVI yang saat ini keadaan none. Pada latihan ini Anda dapat memilih Luma Matte atau Luma Inverted Matte.
Kemudian lihat hasilnya di Composition Window.

Luma Matte Luma Inverted Matte
Sebagai latihan Anda dapat membuat animasi pada layer Aquarium.PSD, misalnya dengan mengatur Transform Property-nya.
Scale 500%, Rotation -1x
Scale 100%, Rotation 0x
Dan kemudian memberi effect gelombang air pada layer Aquarium.PSD dengan menu: Effects > Distort > Ripple
Modul Multimedia | Teknik Informatika | STMIK AMIKOM | 2006 35

2. Transparacy menggunakan Mask
Cara kedua untuk membuat transparancy adalah dengan membuat mask dengan sebuah Path. Sebagai latihan masukkan footage Dolphins.AVI ke dalam Composition baru.
Lalu gunakan Pen Tool untuk membuat Path.

Buat area di sekeliling gambar lumba-lumba dengan klik Pen Tool di beberapa tempat. Kemudian tampilkan Mask Property di Timeline.
Bila Anda melihat stopwatch pada Mask Shape, maka berarti property ini dapat dianimasikan. Sebagai latihan buatlah beberapa keyframe di waktu yang berbeda untuk mengikuti gerakan lumba-lumba. Gunakan Selection Tool untuk menggeser Path.
Mask Shape pada detik ke 2 Mask Shape pada detik ke 4
Selanjutnya Anda dapat menambahkan Mask Shape lagi pada layer yang sama. Kemudian Bentuk Mash Shape dapat pula Anda ubah ke bentuk lainnya, yaitu Rectangle dan Ellipse.
Rectangle Shape Ellpse Shape

Anda dapat mengatur property yang lain, misalnya Mask Feather untuk memperhalus batas Path. Sebagai latihan coba ubah nilai Mask Feather menjadi 50 pixel.
Mask Feather 0 pixel Mask Feather 50 pixel
Propety Mask Opacity berguna untuk mengatur transpancy. Nilai normal 100% akan menghasilkan tampilan yang jelas, nilai 50% samar-samar, dan nilai 0% akan menghilangkan tampilan.
Mask Expansion berguna untuk mengatur kelebaran pengaruh Mask. Sebagai latihan Anda dapat menambah nilai Mask Expansion menjadi 50 pixel atau menguranginya menjadi -50 pixel.

Mask Expansion 50 pixel ask Expansion -50 pixel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar