Sabtu, 15 September 2012

MACAM-MACAM DIARE


1.      Diare Akut (Gastroentritis)
Diare akut adalah diare yang terjadi secara mendadak pada bayi dan anak-anak yang sebelumnya sehat. Diare ini berlangsung kurang dari 14 hari dengan disertai pengeluaran feses lunak dan cair, sering tanpa darah, mungkin disertai muntah dan panas. Penyebab diare ini adalah infeksi dan bukti penyebabnya harus dicari (memakan makanan mentah, diare serentak dalam anggota keluarga dan kontak dekat) . Penyebab terpenting adalah rotavirus, Escherichia Coli enterotoksigenik, Shigella, Campylobacter jejuni dan Crystoporidium. Penyakit diare akut dapat ditularkan dengan cara fekal oral melalui makanan dan minuman yang tecemar. Diare kaut menyebabkan dehidrasi dan bika masukkan makanan berkurang akan menyebabkan kurang gizi bahkan kematian yang disebabkan oleh dehidrasi.
2.      Disentri
Disentri didefinisikan dengan diare yang disertai darah dalam feses menyebabkan anoreksia, penurunan berat badan dengan cepat, dan kerusakan mukosa usus karena bakteri invasif. Penyebab utamanya adalah Shigella, Campylobacter jejuni dan penyebab jarang adalah E.coli enteroinvasife atau Salmonella. Pada orang dewasa muda, disentri yang serius disebabkan oleh Entamoeba Histolytica.
3.      Diare Persisten
Adalah diare yang pada mulanya bersifat akut tetapi berlangsung lebih dari 14 hari, kejadian dapat dimulai sebagai diare cair atau disentri. Diare jenis ini mengakibatkan kehilangan berat badan yang nyata dengan volume feses dalam jumlah banyak sehingga berisiko mengalami dehidrasi. Diare persisten disebabkan oleh Shigella dan Cryptosporidium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar